Istilah “peran” sering dikaitkan dengan posisi atau kedudukan seseorang atau dikaitkan dengan apa yang dimainkan oleh seorang aktor dalam suatu drama. Peran secara etimologis merupakan suatu bagian yang memegang peranan atau bertindak terhadap terjadinya suatu peristiwa, dan yang berpartisipasi ikut andil dalam suatu kegiatan bersama (Hartini dan Kartasoeparta, 1993:10) atau dapat juga diartikan sebagai proses identifikasi atau menjadi peserta suatu proses komunikasi atau kegiatan bersama dalam suatu situasi sosial tertentu (Soekanto, 1993: 10). Menurut David Bery (1982: 99) peran adalah seperangkat harapan yang dikenakan pada individu yang mempunyai kedudukan sosial tertentu. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, peran adalah seperangkat tingkah yang diharapkan dimiliki orang yang berkedudukan di masyarakat. Pendapat lain menurut J.S. Poerwadarminta (1982: 271) kata peran ini dapat dibubuhi dengan kata imbuhan yaitu akhir „an‟, yang memunculkan kata „peranan‟ yang dapat dibuat sesuatu yang menjadi bagian atau yang memegang pimpinan, terutama dalam terjadinya suatu hal atau peristiwa.

Berdasarkan pengertian peran yang telah dikemukakan di atas, maka menurut pendapat penulis, peran adalah tugas utama seorang guru PAUD dalam menanamkan karakter.

1) Ada beberapa macam pengertian peran:

a) Ikut Serta

Pengertian peran yang berarti ikut serta ini adalah pengertian peran yang paling minimal. Apabila manusia dapat merasa, berpikir dan berbuat bagaimana yang dirasakan, dipikirkan dan diperbuat orang lain, maka manusia itu telah menempatkan dirinya dilihat dari sudut pandang orang lain (Arifin, 1977: 95).

b) Peran juga sangat menentukan

Pengertian peran ini adalah peran pimpinan yaitu orang yang memiliki nilai-nilai leadership dan kemampuan atau keahlian manajemen itu sangat menentukan penyelenggaraan suatu pekerjaan atau tugas.

2) Ruang Lingkup Peran terdiri dari tiga hal yaitu:

  • Peran yang meliputi norma-norma yang berhubungan dengan posisi seseorang dalam masyarakat
  • Peran dapat dikatakan sebagai perilaku individu yang penting bagi struktur sosial masyarakat
  • Peran adalah suatu konsep tentang apa yang dapat dilakukan oleh individu dalam masyarakat dalam suatu organisasi.

3) Di dalam suatu peran terdapat dua macam harapan yaitu:

  • Harapan-harapan yang dimiliki pemegang peran terhadap masyarakat atau orang-orang yang berhubungan dengannya dalam menjalankan perannya atau kewajiban-kewajibannya.
  • Harapan-harapan yang dimiliki masyarakat terhadap pemegang peran atau kewajiban-kewajiban dari pemegang peran.

LITERASI

Hurlock, E.B. (1999). Perkembangan Anak (edisi keenam). Erlangga. Jakarta.
Hurlock, Elizabeth B. 2010. Perkembangan Anak. Jilid 1. Edisi Enam. Jakarta : Erlangga
Soetjiningsih. (2010). Tumbuh Kembang Anak. Jakarta : EGC

Tag: , , ,

Diposting oleh username


Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *